Tips Cara Sederhana Lawan Rasa Malu Pada Lingkungan Sosial

Tips Cara Sederhana Lawan Rasa Malu Pada Lingkungan Sosial

Tips Cara Sederhana Lawan Rasa Malu Pada Lingkungan Sosial– Rasa malu adalah salah satu bentuk emosi manusia. Sebuah emosi, pengertian, pernyataan, atau kondisi yang mengalami manusia akibat sebuah tindakan yang melakukannya sebelumnya dan kemudian ingin menutupinya. Wajar jika seseorang punya rasa malu bahkan sudah dari sejak lama rasa malu banyak memengaruhi diri seseorang. Rasa malu bisa membagi menjadi 2 macam, yaitu rasa malu terkait dengan kesopanan (discretionay shame) dan rasa malu berhubungan dengan adanya konflik naluri terhadap sendiri (disgrace shame).

images?q=tbn:ANd9GcTEV7duYz5vbR11jSDWinPnPqxhVu1ATiRFYA&usqp=CAU - Tips Cara Sederhana Lawan Rasa Malu Pada Lingkungan Sosial

Jangan publikasikan bahwa kita pemalu

Jika berada di lingkungan baru, berusahalah untuk bisa memulai duluan percakapan dengan orang sekitar. Meskipun merasa gugup untuk memulai duluan, yakinlah bahwa engkau akan merasakan kenyamanan setelah memulai obrolan yang ringan bersama orang-orang terdekat di lingkungan baru.

Jaga jarak dengan lingkungan toxic

Melansir dari http://icilachine.com/  apalagi bertemu orang-orang yang toxic di lingkungan baru, lebih baik jaga jarak dengan mereka jika kamu merasa tak nyaman dekat dengan mereka. Dan cara itu makin lebih baik untuk mencegah hal yang tidak diinginkan.

Hindari overthinking

Kalau sudah mencakup dengan banyak berfikir memang tidak akan ada habisnya. Apalagi pikiran-pikiran yang membunuh pergerakanmu untuk mulai maju. Maka dari itu, hindarilah terlalu berfikiran untuk mulai bertindak karena semua rasa dan pikiran lainnya akan masuk ke dalam diri sehingga kamu ogah untuk melakukannya.

Selalu pikirkan aku bisa

Dari pada banyak memikirkan yang bisa menghambat aktivitasmu, lebih baik memiliki pikiran yang selalu positif. Hal keadaan apapun dengan pikiran yang selalu positif terbukti kamu akan merasa selalu bahagia dalam menjalaninya dan akhirnya bisa mencapai titik puncak keinginanmu yang sebenarnya.

Latihan berbicara di cermin

Dan terakhir adalah lakukan latihan berbicara di depan cermin. Hal tersebut memang sepele namun sangat baik untuk masa pengembangan diri. Saat berbicara di depan cermin bayangkan kamu sedang beradaptasi dengan lingkungan baru. Mengobrol sesuai keinginanmu, bercerita, bercengkerama. Lambat laun kamu akan fasih dan terbiasa dengan gaya obrolanmu sendiri dan kamu akan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. So, pada akhirnya kamu bisa karena terbiasa. Itulah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan kepercayaan diri. Sebenarnya tak sulit untuk mengatasi rasa malu itu jika kamu mau mencoba melakukan perubahan, lalu terbiasa melakukannya dan akhirnya kamu bisa.