9 Game Sepak Bola Selain FIFA Dan Pes Yang Digilai Pada Zamannya

game sepak bola

Game Sepak Bola – Bila kita berbicara tentang sepak bola pasti tidak ada matinya, apalagi bila berbicara mengenai game sepak bola yang tentunya bakal didominasi oleh FIFA atau Pro Evolution Soccer (PES). Padahal sebenarnya selain 2 judul game tersebut ada beberapa judul game sepak bola lainnya yang juga sempat populer di kalangan gamer pecinta sepak bola.

Baca Juga: 7 Situs Tempat Download Subtitle Film Terbaik (2020)

Buat kamu yang penasaran, berikut adalah 10 game sepak bola selain FIFA dan PES yang sempat mencuri perhatian banyak orang. Apakah kamu sempat memainkannya?

1. Football Manager

Selain game PES dan FIFA, game sepakbola yang paling banyak memiliki penggemar fanatik pada saat ini adalah game Football Manager. Sesuai namanya, game buatan Sports Interactive ini merupakan sebuah game simulasi sepakbola yang menantang kamu untuk bermain sebagai seorang pelatih dari sebuah tim sepakbola.

Game ini sangat terkenal berkat simulasinya yang terasa sangat nyata. Kamu bisa mengatur strategi pertandingan tim kamu, merekrut pemain baru, melakukan wawancara dengan media hingga berpindah untuk melatih tim baru dalam game yang dikenal dengan istilah FM ini.

2. Championship Manager

Sebelum nama game FM seterkenal sekarang, genre game simulasi bola dikuasai oleh game Championship Manager (CM). Sama seperti FM, CM adalah adalah sebuah game sepakbola yang mengajak kamu untuk memainkan peran seorang manajer dalam sebuah tim sepakbola.

Pertama kali dirilis pada tahun 90an, game ini mencapai puncak kepopulerannya pada tahun 2000an. Sayangnya pada seiring waktu game ini harus kalah populer dibandingkan FM. Walaupun begitu para pecinta sepakbola di tahun 90an pasti tidak akan melupakan game yang sangat menyita waktu ini.

3. This is Football 2002

Nama game This is Football pada hari ini memang tertelan oleh popularitas FIFA dan PES, namun ketika game This is Football 2002 dirilis untuk konsol PS2, game ini sempat mencuri perhatian. Game yang tampil dengan cover bintang sepakbola Rio Ferdinand ini sempat menjadi salah satu game sepakbola yang diminati pada awal kemunculan PS2, sayangnya game seri This is Football berikutnya gagal memberikan inovasi menarik dan harus mati seiring waktu.

4. Fifa Street

Walaupun membawa nama FIFA dalam judulnya, game sepakbola FIFA Street sangat berbeda dengan game FIFA yang sering kamu mainkan. Dalam game ini kamu akan memainkan para jagoan lapangan hijau seperti Ronaldinho dan Thierry Henry dalam pertandingan sepakbola mini di jalanan seperti yang sering kita lakukan sewaktu kecil.

Tentunya game sepakbola ini bertambah seri berkat kemampuan para pemain untuk melakukan trik demi mengecoh lawan. Game ini sempat populer dalam konsol PS2, namun pada game FIFA 20 game FIFA Street seakan dihidupkan kembali dalam mode permainan Volta.

5. RedCard

Jika kamu tidak sempat memainkan RedCard pada jaman PS2, kamu mungkin sudah melewatkan sesuatu yang sangat menarik. Game sepakbola yang satu ini tampil sangat berbeda karena mengizinkan para pemainnya untuk melakukan pelanggaran-pelanggaran berbahaya kepada pemain lawan melakukan tackling yang sengaja mengincar kaki hingga menanduk bagian tubuh lawan.

Kamu juga bisa melakukan berbagai gerakan super dalam game ini. Game RedCard juga tidak takut tampil absurd dengan berbagai tim aneh yang bisa kamu unlock seperti tim SWAT, tim Samurai hingga tim lumba-lumba.

6. Captain Tsubasa

Sebagai anime dan juga manga sepakbola paling populer di dunia, Captain Tsubasa merilis berbagai game sepakbola untuk berbagai konsol game yang berbeda. Salah satu yang paling populer adalah game Captain Tsubasa J: Get In The Tomorrow yang membawa kamu masuk dalam pertandingan sepakbola ala Captain Tsubasa lengkap dengan berbagai “jurus” uniknya.

Selain itu ada juga game Captain Tsubasa: Aratanaru Densetsu Joshou yang tampil sebagai game strategi dibandingkan sebuah game sepakbola umumnya. Game ini pun berlanjut pada game mobile populer Captain Tsubasa: Dream Team.

7. Super Shot Soccer

Konsep absurd yang ditawarkan oleh game RedCard tidak terlalu aneh bagi para pecinta game sepakbola di Indonesia karena beberapa tahun sebelumnya game Super Shot Soccer sempat hadir di negara ini. Dirilis sebagai game arcade di Jepang game gila satu ini menjelma sebagai sebuah game PSX yang sangat populer di sini.

Dalam game ini kamu akan bermain dengan berbagai tim nasional sepakbola dari berbagai negara di dunia. Yang membuat game ini sangat menarik adalah setiap tim nasional memiliki berbagai “jurus” konyol untuk kamu gunakan. Mulai dari badai pasir dari tim Arab Saudi, tackle api dari Korea hingga tendangan naga dari tim Jepang, semuanya ada di game ini

8. Rocket League

Game Rocket League merupakan game sepakbola yang sangat berbeda dengan game-game lain yang ada di daftar ini. Alih-alih bermain menggunakan manusia, dalam game ini kamu akan bertanding sepakbola menggunakan mobil. Walaupun begitu game ini berhasil menghadirkan pengalaman bermain bola yang sangat seru. Berkat kemampuan cross-platform-nya, game ini juga memiliki basis pemain onelin yang sangat besar pada hari ini.

9. Winning Eleven

Iya, sebetulnya agak curang untuk memasukkan nama Winning Eleven dalam sebuah daftar game sepakbola selain PES dan FIFA karena Winning Eleven dan PES adalah game yang kurang lebih sama. Pada awal kemunculannya Konami memasarkan gamenya dengan nama Winning Eleven untuk pasar Asia dan Pro Evolution Soccer (PES) untuk pasar Eropa dan Amerika Serikat.

Untuk menghindari kebingungan pada awal tahun 2000an, Konami memutuskan untuk menggunakan nama PES saja sebagai brand utamanya. Walaupun begitu banyak sekali gamer Indonesia yang memiliki kenangan indah dengan Winning Eleven.

Baca Juga: 5 Hal Wajib Ada Pada Gamer Agar Nyaman Sewaktu Social Distancing

Itulah tadi beberapa game sepak bola selain fifa dan pes yang sempat mencuri perhatian. Lalu apakah ada salah satu game yang sudah pernah kamu coba? Atau kamu mau mencobanya sekarang, namun biasanya kamu perlu emulator agar bisa memainkan game-game ini.

Sekian artikel kali ini, semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan dan informasi terbaru seputar dunia game dan teknologi terbaru.

Sumber: Dunia Games

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *