AMD Luncurkan Tiga Prosesor

AMD Luncurkan Tiga Prosesor

AMD Luncurkan Tiga Prosesor Anyar EPYC Generasi Kedua

AMD Luncurkan Tiga Prosesor Anyar EPYC Generasi Kedua – Produsen prosesor komputer asal Amerika Serikat, AMD (Advanced Micro Devices) meluncurkan tiga prosesor baru untuk jajaran lini AMD EPYC generasi kedua (Zen 2).

Lebih lanjut kata McNamara, AMD EPYC generasi kedua ditambahkan frekuensi dasar 500 MHz dan jumlah cache yang besar. Sehingga perusahaan mengklaim AMD EPYC memiliki server CPU tercepat di dunia dengan performa per core mencapai x86.

Selain itu, performa ketiga prosesor anyar AMD EPYC Zen 2 juga didesain dengan inovasi PCle 4 dan didukung memori DDR4-3200. Selain meningkatkan performa, AMD juga menambahkan kapasitas yang lebih besar di beberapa kategori. Ketiga prosesor Daftar Indo Poker 88 memiliki dukungan 8 channel memori dengan kapasitas maksimum 4TB memori pada DDR4-3200.

Snapdragon 865 dilengkapi dengan chip pengolah gambar Spectra 480 CV-ISP yang mampu mengabadikan 1 miliar warna dan bisa digunakan untuk merekam video 8K. Chip itu juga memiliki kecepatan pengambilan gambar 2 Gigapixels per detik.

Tak hanya itu, Susanto mengklaim implementasi Spectra 480 CV-ISP telah menghemat power sebesar 16 persen saat mengambil video, menjadikan gambar 18 persen lebih detil, dan 40 persen lebih baik saat mengambil gambar dalam cahaya yang minim. Selain itu Chip tersebut mendukung HDR10+.

Adapun Adrono 650 pada prosesor tersebut juga membuat proses rendering grafis lebih cepat 25 persen dan membuat daya lebuh efisien 35 persen. Selain itu, Spectra 480 CV-ISP mampu mengangkut 4 pixel per clock cycle sehingga mampu menghemat daya.

Susanto mengatakan Snapdragon 865 dilengkapi dengan kemampuan sensing hub. Misalnya, kamera pada ponsel pintar dapat dibuat selalu menyala dengan kemampuan sensing hub. Sebab, sensing hub membuat konsumsi daya kamera hanya di bawah 1mW.

Konsumsi daya mikrofon dan sensor juga hanya di bawah 1mA karena sensing hub. “Setiap ada prosesor baru dari Qualcomm itu yang dipentingkan performanya naik tapi tidak lebih boros. Kalau bisa lebih irit,” ujar Susanto.

Kapasitas jalur PCle (interface untuk komputer, yang menghubungkan perangkat komputer ke prosesor) pun ditambahkan. Total ketiga prosesor itu memiliki dukungan 128 lajur PCle 4.0. Artinya, pengguna dapat menambahkan kartu ekspansi apapun dan bakal mendapatkan performa yang lebih cepat dibanding PCle generasi ketiga.

Senior Manager Business Development Qualcomm

Di sisi lain Susanto mengatakan AI pada Snapdragon 865 tidak hanya dikerjakan pada satu bagian atau neural processing unit. Dia mengklaim Snapdragon 865 dikerjakan oleh komputasi heterogen.

“Dijalankan di GPU juga, di hexagon DSP, dan CPU juga. Sehingga tugas-tugas Ai bisa dikerjakan oleh bagian-bagian yang paling sesuai,” ujarnya.

Ada sejumlah perusahaan teknologi komputer yang telah memastikan bakal menyematkan tiga prosesor anyar AMD EPYC generasi kedua yaitu Dell, IBM, HPE, Lenovo, Microsoft, Nutanix, Supermicro, dan VMware.

Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia Dominikus Susanto mengatakan Snapdragon 865 mengatakan menggunakan kecerdasan buatan (AI) generasi ke-5. Dia berkata AI pada prosesor itu memiliki komputasi yang sangat tinggi.

“Tiap generasi itu ada peningkatan performa. Karena AI itu sangat membutuhkan komputasi yang sangat tinggi,” ujar Susanto saat konfrensi pers yang dilakukan melalui streaming, Kamis (8/4).

Susanto menuturkan kemampuan Snapdragon 865 dua kali lebih tinggi dari Snapdragon 855. Sebab, dia berkata AI pada prosesor itu mampu melakukan penghitungan hingga 15 Trilium Operation Per Second (TOPS). Selain itu, AI generasi ke-15 juga mampu mendung memori LPDDR5 (2750MHz) dan 3MB system chace.

Menyoal spesifikasi singkat jajaran prosesor baru AMD EPYC Zen 2, AMD EPYC 7Fx2 menawarkan kemampuan performa baru untuk beban kerja pada pasar enterprise termasuk data base hingga 17 persen lebih tinggi dibanding SQL Server Performace.

Lalu infrastruktur prosesornya ditingkatkan lebih tinggi hingga 47 persen dibanding VMmark 3.1 score, sementara performa HPC-nya mencapai 94 persen, seperti dilansir blog resmi AMD.

Tiga prosesor baru AMD EPYC antara lain AMD EPYC 7F32 (dengan 8 core), EPYC 7F52 (dengan 16 core), dan EPYC 7F72 (dengan 24 core). Qualcomm Technologies Inc, telah merilis prosesor terbarunya, yakni Snapdragon 865. Qualcomm mengaku prosesor tersebut memiliki banyak keunggulan dari prosesor lain di kelasnya.

“AMD EPYC memaknai kembali data center modern dan dengan tambahan tiga prosesor bertenaga, yang memungkinkan pelanggan kami untuk mendapatkan hasil lebih baik di pasar enterprise,” tulis Senior Vice President & General Manager untuk Server Business Unit AMD, Dan McNamara dikutip dari keterangan rilis yang diterima
CNNIndonesia.com, Kamis.

Prosesor-prosesor ini dipadukan dengan efisiensi arsitektur AMD Inifinity, yang dapat mengoptimalkan performa pada database, high-performance computing (HPC) komersial, dan infrastruktur beban kerja yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *