Cara Cek IP Address Komputer dan Laptop

Cara Cek IP Address Komputer dan Laptop

Cara Cek IP Address Komputer dan Laptop

Cara Cek IP Address Komputer dan Laptop – IP Address layaknya alamat rumah, berfungsi sebagai identitas tempat tinggal sebuah peranti dalam jaringan internet. Mungkin sebagian orang tidak akan peduli dengan ini, namun ada saatnya seperti untuk set up internet maka perlu tahu cara cek IP Address.

Berisi sederet angka yang dimiliki setiap komputer, ponsel, atau gawai “pintar” lainnya yang terhubung melalui internet. Setiap perangkat memiliki angka yang berbeda-beda.

Selain berfungsi sebagai identitas sebuah perangkat, IP Address berfungsi sebagai alat pengiriman data ke perangkat. Dengan kata lain, ketika seseorang mengakses sebuah situs ada proses pengunduhan data yang dikirim dari situs itu.

Jenis-jenis IP Address

Berdasarkan catatan internetlivestats, kini sudah ada lebih dari satu miliar website aktif di seluruh dunia. Maka dari itu ada lebih satu miliar IP Address yang ada di luar sana ditambah dengan IP Address yang berada pada gawai masing-masing orang.

Secara umum, kini ada dua versi IP Address yang digunakan yakni IPv4 dan IPv6. IPv4 adalah versi yang dipakai sejak internet mulai dimanfaatkan untuk kebutuhan komersil.

Perlu diketahui bahwa internet awalnya hanya digunakan oleh lingkungan kecil saja oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama Advenced Research Project Agency (Arpanet). Awalnya, proyek ini hanya menghubungkan empat situs internet saja.

Ipv4 memiliki panjang angka 32 bit dan terdiri dari empat kumpulan angka yang dipisahkan oleh titik. Masing-masing kumpulan angka tersebut adalah representasi desimal dari delapan digit (bit) angka biner.

Sementara IPv6 merupakan versi IP Address yang memiliki panjang angka 128 bit dan terdiri dari delapan kumpulan angka dan huruf yang dipisahkan oleh titik dua. Ip ini belum dipergunakan secara luas, namun diciptakan sebab ketersediaan IP Address Ipv4 mulai tipis.

Selain secara umum, IP Address juga bisa dibedakan berdasarkan cakupannya, yakni:

– Ip Address publik: Dapat diakses dengan jaringan internet dan dapat dimiliki oleh segala perangkat yang diperuntukkan pada khalayak umum. Contoh yang menggunakannya adalah server website, server e-mail, dan router wi-fi.

– Ip Privat: Digunakan untuk berkomunikasi secara lokal. Adapun contoh perangkat yang dapat menggunakan IP ini laptop, ponsel, dan personal computer (pc). Berkomunikasi tidak melalui internet, melainkan Local Area Network (LAN).

Sebagai informasi, Alokasi untuk rentang angka IP Address berjenis publik diatur oleh Internet Assigned Numbers Authority (IANA). Apabila ada organisasi yang ingin mendapatkan jatah IP publik maka wajib meminta izin ke badan otoritatif ini.

Cara cek IP Address

Sebelum menjelaskan lebih jauh cara cek IP Address, ada baiknya memahami perbedaan IP Address. Melansir dari Lifehacker, dijelaskan ada dua jenis IP Address dalam sebuah perangkat yakni IP Address lokal dan eksternal.

Sederhananya, IP Address eksternal cara perangkat di internet menemukan perangkat seseorang, Sementara itu IP Address internal adalah yang disediakan router Anda untuk semua perangkat yang terhubung dengannya. Artinya IP ini menangani semua rute untuk paket data yang keluar masuk pada suatu perangkat.