Cara Isi Baterai Smartphone Lebih Cepat

Cara Isi Baterai Smartphone Lebih Cepat

Cara Isi Baterai Smartphone Lebih Cepat

Cara Isi Baterai Smartphone Lebih Cepat – Smartphone tak dimungkiri telah menjadi perangkat wajib saat ini, sebab perangkat ini sudah memenuhi kebutuhan telekomunikasi sampai bermain gim. Namun salah satu kendala untuk bisa melakukan seluruh kegiatan tersebut adalah kapasitas baterai.

Terlepas dari kapasitas baterai yang mungkin besar, HP bukanlah perangkat yang bisa bertahan selamanya tanpa diisi daya. Umumnya, HP dengan kapasitas rata-rata di 4,000 hingga 5,000mAh dapat bertahan selama sehari penuh dengan catatan hanya digunakan untuk penggunaan normal seperti browsing atau scrolling medsos.

Berbeda dengan daya tahan yang bisa sama, waktu pengisian daya besar kemungkinan berbeda di tiap HP. Fitur seperti fast-charging mungkin membantu, namun terdapat sejumlah tips untuk mengisi daya lebih cepat lagi.

Karenanya, proses pengisian daya yang lebih cepat bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Namun tak semua pengguna mungkin mengetahui bahwa ada cara mudah untuk bisa melakukan isi daya baterai secara cepat.

Aktifkan mode pesawat

Salah satu ‘pemakan’ baterai terbesar pada HP adalah sinyal jaringan. Umumnya, semakin buruk sinyal pada HP kamu, semakin cepat pula baterai HP kamu akan terkuras. Di lain sisi, pengisian daya juga akan memakan waktu lebih lama karena sinyal yang buruk memakan daya HP kamu ketika sedang diisi dayanya.

Solusi paling efektif? Aktifkan mode pesawat sebelum mengisi daya HP kamu. Sejumlah tes membuktikan bahwa cara ini dapat mengurangi waktu mengisi daya hingga penuh sebanyak 25 persen. Untuk mengaktifkan mode pesawat, kamu hanya perlu swipe ke bawah bar notifikasi dan tap ikon mode pesawat.

Beli powerbank

Mengisi daya HP lebih cepat tidak hanya perihal waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai itu sendiri, namun juga waktu yang diperlukan untuk mendapatkan sumber pengisian daya. Untuk kamu yang gemar bepergian, disarankan untuk membeli powerbank sebagai solusi cepat di kala baterai HP habis dan sulit menemukan sumber untuk mengisi daya seperti stop kontak. Namun, tidak sembarang powerbank, pastikan bahwa powerbank yang kamu beli telah mendukung fitur fast-charging dan memiliki kapasitas yang besar sehingga dapat digunakan berkali-kali.

Selalu isi daya via stop kontak

Terdapat dua cara untuk mengisi daya HP. Yang pertama via port USB yang disambungkan ke perangkat seperti laptop atau komputer dan kedua, secara langsung via stop kontak dengan kepala adapter. Cara yang pertama jadi yang paling tidak direkomendasikan (kecuali via powerbank).

Umumnya, mengisi daya via port USB hanya memberikan output tenaga sebanyak 0.5A saja. Ini berbeda dengan mengisi secara langsung via stop kontak, yang dapat memberikan output tenaga sebanyak 1A (bisa lebih tergantung HP) sehingga waktu pengisian daya jadi bisa lebih cepat 2 hingga 3 kali lipat.

Lepas casing ketika mengisi daya

Sejauh ini, hampir semua HP masih menggunakan baterai lithium-ion. Dan diketahui pula bahwa baterai jenis ini jauh lebih efisien atau memakan lebih sedikit waktu untuk diisi dayanya, ketika suhunya berada dalam posisi dingin.

Untuk pengisian optimal, suhu baterai (bukan suhu udara) harus berada di antara 5 sampai 45 derajat celcius. Sangat jelas bahwa suhu baterai sebagian besar dipengaruhi oleh suhu di sekitarnya, sehingga melepas casing ketika mengisi daya sangatlah direkomendasikan untuk menjaga suhu baterai agar tetap berada di angka optimal.