Facebook Gaming Dirilis Lebih Cepat

Facebook Gaming Dirilis Lebih Cepat

Facebook Gaming Dirilis Lebih Cepat Guna Menghilangkan Bosan

Facebook Gaming Dirilis Lebih Cepat Guna Menghilangkan Bosan – Perusahaan media sosial popular, Facebook dikabarkan akan merilis aplikasi gaming pertama mereka pada Senin waktu setempat yang diberi nama Facebook Gaming dan dapat digunakan secara gratis.

Sebetulnya, aplikasi Facebook Gaming dijadwalkan meluncur pada Juni 2020 tetapi perusahaan memutuskan untuk mempercepat perilisan dan mengambil kesempatan saat masa karantina akibat pandemi virus corona SARS-Cov-2 (Covid-19).

Facebook Gaming baru akan tersedia di perangkat Android. Saat ini tengah menunggu persetujuan Apple Inc agar bisa masuk ke lini aplikasi App Store. Facebook mengatakan pihaknya tidak akan memasukkan iklan di awal peluncuran aplikasi, sebab perusahaan fokus untuk mengumpulkan banyak pengguna yang ‘terjebak’ di rumah.

“Saluran penyebaran hoaks covid paling banyak melalui Facebook. Dari Januari sampai bulan ini tercatat ada 127. Dari Daftar IDNPlay 99, sehingga menunjukkan betapa besar pengaruh medsos,” kata Dewi.

Direktur operasional Mafindo Dewi Sari melalui konferensi pers daring Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sabtu menyatakan Mafindo melalui pemeriksa fakta telah melakukan klarifikasi secara spesifik terhadap 301 hoaks soal corona.

Demi menggaet pengguna, Facebook menjalin kerjasama eksklusif dengan mantan juara UFC (Ultimate Fighting Championship) Ronda Rousey. Masyarakat Anti fitnah Indonesia (Mafindo) menyebut Facebook sebagai saluran penyebaran terbanyak hoaks soal corona.

“Facebook Gaming telah membuat langkah luar biasa karena mereka telah mengakuisisi Ronda Rousey untuk meningkatkan pangsa oasar mereka di layanan live streaming,” kata CEO StreamElements, Doron Nir kepada jurnalis The Verge.

Facebook Gaming telah membuat langkah luar biasa

Pada bisnis gaming, Facebook mesti berjibaku dengan Twitch dan Youtube. Sebab keduanya juga menyediakan layanan live streaming untuk para pecinta gim. Twitch sendiri merupakan platform live streaming video milik Twitch Interactive, anak perusahaan Amazon. Perusahaan diakuisisi Amazon tahun 2014 silam.

Berita hoaks dibuat dengan sasaran dalam negeri sebanyak 52 persen dan luar negeri 48 persen. Lebih merinci sebanyak 40 persen menyasar wilayah, 18 persen menyasar pasar, kawasan industri dan terminal, serta 17 persen menyasar rumah sakit.

Kemudian 9 persen menyasar kantor pemerintah, 5 persen menyasar pariwisata, 5 persen menyasar perumahan, 2 persen menyasar sekolah, kemudian 4 persen menyasar sektor lainnya.

Data ini didapat dari penelitian MAFINDO periode Januari sampai Maret 2020. Setiap minggu setidaknya ada 25 hoaks yang dihasilkan dan diedarkan secara masif. Dalam kesempatan yang sama, Presidium MAFINDO Harry Sufehmi mengatakan identifikasi hoaks bisa dilakukan dengan dua langkah.

Yakni memperhatikan sumber dan konten berita. “Jadi maksudnya kita cek kalau kita dapat berita sanadnya apa, sumbernya dari mana. Kalau cuma forward WhatsApp dan enggak jelas sumbernya, ya kita anggap hoaks saja supaya aman,” jelasnya.

“Berinvestasi dalam dunia gim telah menjadi prioritas kami. Kami melihat akan ada peningkatan besar pada aplikasi Facebook Gaming selama masa karantina (virus corona Covid-19),” kata Kepala Aplikasi Facebook, Fidji Simo dikutip The New York Times.

Ada salah satu fitur unggulan Facebook Gaming, yaitu Go Live. Nantinya pengguna dapat melakukan live streaming sambil bermain gim bersama pengguna lainnya. Sebelumnya perusahaan yang digawangi Mark Zuckberg ini telah menguji coba aplikasi ini di beberapa negara di Amerika Latin dan Asia Tenggara selama lebih dari satu tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *