Huawei Tidak Bisa Menggunakan Android, Kini Siap Menjadi Rival Google

huawei tidak bisa menggunakan android

Huawei Tidak Bisa Menggunakan Android – Berita hangat dari Google dan Huawei belum reda, dimana Google menyatakan bahwa ponsel Huawei dan Honor tidak bisa lagi menggunakan android tersetifikasi ataupun aplikasi mesin pencari (Search engine) chrome. Keputusan ini cukup merugian sekaligus menguntungkan bagi Huawei sehingga mereka bisa mengembangkan mesin pencarian sendiri.

Mesin pencari Huawei ini pun sedang diujicobakan kepada pengguan di UEA. Dimana mesin pencari tersebut masih menawarkan hasil pencarian sederhana seperti berita, unit percakanpan, dan cuaca seperti yang dilansir oleh Gizchina.

Baca Juga: Asus Kenalkan Gaming Desktop Terbaru Dengan Spesifikasi Tinggi

Ponsel Huawei dan Honor tidak bisa menggunakan Android tersetifikasi dan aplikasi bawaan Google seperti Gmail, Play Store dan Youtube. Hal itu sendiri dikarenakan Pemerintah AS telah memasukan Huawei telah dimasukan dalam daftar hitam (Blacklist).

Guna berbisnis dengan perusahaan AS, Huawei butuh lisensi khusus dari departemen perdagangan AS. Namun hingga kini lisensi tersebut belum juga didapatkan sehingga kerja sama tak bisa dilakukan.

Untuk mengantisipasi ketidakhadiran android berlisensi dan aplikasi bawaan Google, Huawei sedang mengembangkan toko aplikasi bernama AppGallery sebagai pengganti Play Store. Huawei pun merayu developer media sosial terkenal untuk mau menaruh aplikasinya di toko aplikasi ini.

Huawei juga sudah meluncurkan sistem operasi (OS) bernama HarmonyOS yang diprediksi akan menjadi sistem operasi yang digunakan Huawei di ponsel bila Google tak memberikan izin menggunakan Android.

Baca Juga: Camera GO: Aplikasi Fotografi Untuk Hp Spesifikasi Kentang

Huawei merupakan produsen smartphone terbesar ke dua di dunia. Sebelum pendiri sekaligus CEO Huawei Ren Zhengfei mengatakan kebijakan AS akan membuat rugi Google karena Android kehilangan 800 juta pengguna.

Jadi gimana gais dengan berita ini? Apakah Langkah Amerika yang benar? Atau memang Huawei yang benar? Saat ini masih menjadi perdebatan. Kita masih menunggu apa yang bakal dihadirkan Huawei nantinya mengingat mereka pasti tidak akan berdiam diri saja dan sipa untuk memberi kejutan.

Sekian artikel kali ini, semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan dan informasi terbaru seputar dunia teknologi terbaru.

Sumber: CNBC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *