Jokowi Gencarkan Gerakan Disiplin dan Peduli Nasional

Jokowi Gencarkan Gerakan Disiplin dan Peduli Nasional

Jokowi Gencarkan Gerakan Disiplin dan Peduli Nasional

Jokowi Gencarkan Gerakan Disiplin dan Peduli Nasional, – Presiden Joko Widodo melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Pramuka ke-59 tahun secara virtual. Presiden Jokowi juga meminta gerakan pramuka agar membuat dua gerakan nasional untuk menekan penyebaran Covid-19.

Yakni gerakan kedisiplinan nasional mengajak masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan serta gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat agar saling membantu, peduli, dan berbagi.

“Penyelesaiaan masalah kesehatan membutuhkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, penyelesaian masalah perekonomian juga membutuhkan ilmu pengetahuan dan teknologi, karakter disiplin dan peduli yang saudara-saudara miliki akan semakin bermakna jika didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi,” tambahnya.

1. Jokowi juga ajak galakkan gerakkan kepedulian nasional

Selain meminta masyarakat untuk disiplin, Jokowi juga ingin agar gerakan kepedulian nasional digalakkan. Gerakan itu penting, lanjut dia, untuk mengajak masyarakat saling membantu, saling peduli, dan saling berbagi. Menurut dia, dua gerakan tersebut dapat membantu penanganan COVID-19 dan juga mengasah karakter.

“Dua gerakan tadi akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan saudara-saudara dalam memperdalam jiwa pramuka sejati. Sebagaimana tertuang dalam Dwi darma Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka,” ucap Jokowi.

2. Karakter disiplin dan peduli sangat dibutuhkan di tengah wabah virus corona

Dalam menangani pandemik virus corona ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan bahwa karakter untuk tetap menjaga kedisiplinan dan kepedulian sangat dibutuhkan saat ini. Terutama di masa-masa krisis seperti sekarang.

“Kita disiplin mengikuti protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin jaga jarak, dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama disiplin melaksanakannya,” tuturnya.

3. Jokowi ingatkan pentingnya gotong-royong di masa pandemik

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan tentang pentingnya gotong-royong saat pandemik ini. Sebab, pandemik mengakibatkan krisis kesehatan dan ekonomi, sehingga dibutuhkan saling peduli satu sama lain.

“Kita harus saling membantu dan bergotong-royong menyelesaikan masalah bersama. jika gerakan kedisiplinan dan kepedulian ini terus kita jalankan InshaAllah kita bisa menghambat penyebaran COVID dan mengurangi risiko-risiko ikutannya,” tambah Jokowi.