Telkom Buka Blokir Netflix

Telkom Buka Blokir Netflix

Telkom Buka Blokir Netflix

Telkom Buka Blokir Netflix – Vice President Corporate Communication PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. atau Telkom, Arif Prabowo, mengatakan perusahaannya tengah intens berkomunikasi dengan Netflix dalam beberapa hari terakhir mengenai pembukaan layanan akses ke saluran streaming film itu melalui jaringan Telkom Group.

“Pada prinsipnya, apabila Netflix telah menyepakati hal-hal yang menjadi perhatian kami demi kepentingan dan kenyamanan pelanggan, tentunya layanan Netflix akan segera dapat diakses melalui jaringan Telkom Group,” ujar Arif.

Karena itu, Arif belum dapat mengumumkan kapan pelanggan jaringan Telkom Group bisa mulai mengakses layanan nonton film online itu. “Tanggalnya akan kita announce jika sudah ada kesepakatan.”

Sebelumnya, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan perseroannya kini sedang melakukan diskusi dengan pihak Netflix. Ia memastikan pembicaraan itu akan segera mencapai kesepakatan dalam hitungan minggu.

“Kami sedang membicarakan kerja sama serius. Pembicaraan kami menuju ke arah membolehkan pelanggan (Telkomsel) mengakses Netflix,” tutur Setyanto dalam diskusi bertajuk Industri Telekomunikasi Menyambut Normal Baru.

Setyanto menyatakan Telkomsel telah melihat perubahan yang signifikan dalam kultur layanan yang disediakan Netflix. Kini, perusahaan yang berbasis di California tersebut telah memiliki kebijakan menurunkan konten atau take-down policy.

Beberapa pengguna layanan Telkomsel dan Indihome mengaku masih belum bisa mengakses Netflix. Padahal Telkom telah mengumumkan secara resmi kalau mereka telah membuka akses ke layanan streaming film tersebut.

Menanggapi hal itu, Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo mengatakan pembukaan akses tersebut dilakukan secara bertahap. Jadi masih ada sebagian pengguna Telkom Group yang masih belum bisa mengakses Netflix.

“Struktur jaringan atau network kita, hal ini dilakukan bertahap,” kata Arif.

Hari ini, Telkom Group resmi membuka akses Netflix yang telah diblokir sejak 2019 lalu. Artinya seluruh pengguna sudah dapat IndiHome, Telkomsel dan wifi.id mengakses konten-konten Netflix.

Namun beberapa pengguna Indihome dan Telkomsel di Twitter melaporkan masih belum bisa mengakses Netflix, seperti dirasakan Mia, seorang pengguna Telkomsel.

Menurutnya, ia belum bisa mengakses Netflix. Namun ia bisa mengakses Netflix saat ia tersambung dengan jaringan Indihome.

“Saya harap masalah teknis ini bisa segera usai. Agar saya bisa membuka Netflix di mana pun,” ujar Mia saat dihubungi, Selasa.

Seorang netizen lain dengan akun @hafilova pun mengeluhkan ia tak bisa mengakses Netflix dari jaringan IndiHome.

Netflix udah bisa di jaringan Telkomsel, tapi Telkom Indihome yg masih belum bisa,” tulisnya.

“Netflix sudah banyak berubah. Kemudian juga ada takedown policy yang jauh lebih baik dibandingkan dulu. Kami sedang membicarakan serius dengan Netflix, dan memperbolehkan pelanggan kami mengakses Netflix. Insya Allah dalam hitungan minggu (dibuka blokir),” ujarnya.

Selain itu, Netflix telah banyak melakukan kerja sama dengan produsen film lokal. “Kita tahu kenapa Telkom Group sebelumnya tidak membolehkan pelanggan akses Netflix, yaitu karena alasan etik. Waktu itu tidak disepakati soal konten,” tuturnya.

Telkom mengatakan memutuskan untuk membuka akses ini setelah Netlfix berkomitmen untuk menyesuaikan konten dan kebijakan perusahaan agar konten bisa dinikmati oleh orang Indonesia.